Panduan Linux XPstyle

Posted on July 4, 2008. Filed under: linux |

Puppy

menjalankan linux puppy live CD di komputer, membuat saya begitu iri. Apalagi kalau mengingat distro yang selama ini saya pakai (Mandrake + KDE) , berjalan cukup lambat di komputer AMD K-6 dengan memori yang hanya 32MB + 96MB itu. Dengan bantuannya, akhirnya saya melakukan re-partisi komputer saya, memperbesar partisi data(drive D) dan mengecilkan partisi Linux (ext2) dari 4,5 MB menjadi 2,5 MB.

Linux puppy adalah linux yang mini secara ukuran (isonya hanya 60 MB) tetapi mempunyai GUI (JWM) yang berjalan ringan dan secara penampilan tidak kalah dengan KDE atau GNOME. Sedangkan untuk instalasi hanya diperlukan minimal 250 MB saja.

Proses instlalasi begitu sederhana. Yaitu dengan memasukkan Puppy Live CD dan menjalankannya. Nanti, akan kita temui menu Install Puppy hard drive. Tinggal klik dan mengikuti sekitar 4 langkah saja, dan hanya menunggu sekitar lima menit, linux telah berhasil di install.

install puppy

Puppy memang termasuk distro yang memikat, karena tampilannya sangat menawan, cara penggunaannya semudah windows, serta berjalan dengan sangat ringan. Mungkin hanya win 98 yang bisa mengalahkan kecepatan Puppy, baik ketika startup maupun ketika menjalankan GUI. Puppy juga bisa berjalan pada berbagai jenis komputer dengan berbagai spesifikasi. Selain telah saya coba di AMD K-6, juga telah dicoba di Pentium I 200MHz dengan sukses.

Sebenarnya desktop JWM sudah sangat mirip dengan tampilan XP, tapi karena saya lebih nyaman dengan IceWM maka saya menginstall IceWM dengan XP-Theme.

Desktop puppy

Dengan ukuran sekecil itu, memang hanya software kecil-kecil saja yang disertakan. Jika anda ingin software lain dengan ukuran yang lebih besar silahkan mengunjungi ke situs puppy untuk mencari software-software lain. Biasanya akan didapatkan paket dengan extension pub. Cara instalasi paket sangatlah mudah. Hanya dengan double klik saja, semuanya akan berjalan dengan lancar. Cara melakukan mount juga tergolong mudah. Penyimpan data yang terhubung komputer bisa dikenali, dan kita langsung klik tombol mount / unmount saja.

Mount drive

Secara default telah tersedia Abiword untuk text editor, xine untuk memutar film, mozilla untuk browsing, dan lainnya. Dengan mengunjungi situs aslinya lantas saya menambahkan IceWM dengan theme XP, GIMP, dan XMMS. Saya juga mencoba menginstall XAMPP yang saya dapatkan dari situs XAMPP untuk mebangun aplikasi berbasis web. dan semuanya berjalan dengan sangat lancar.

Menjalankan XAMPP

Hanya yang lain dari distro linux lainnya, Puppy hanya menggunakan singgle user, root. Penggunaan singgle user root membuat fungsi chmod (permission) tidak berfungsi lagi. Namun saya kira tidak terlalu masalah bagi saya karena komputer saya benar-benar desktop yang tidak terhubung ke internet.

Melihat kemudahan yang diberikan Puppy, kelihatannya sangat tidak berlebihan jika jenis linux ini dijadikan jembatan untuk melakukan migrasi, karena menggunakan linux ini, anda akan terasa seperti menggunakan Windows saja.

cara install linux puppy pada hard disk [klik disini]

cara install linux puppy ke usb flash disk [klik disini]

Ada yg Laennn

Solusi buat newbie (KDE with XP-Vista Theme)

Susah ya.. nyari Linux yang benar-benar dimaui..
memang sih selama ini orang masih banyak meragukannya yang sulit lah yang ribet lah dan yang lainnya.. tapi dari beberapa pengalamanku selama ini terutama kalo di warnet, banyak orang yang menginginkan nge-net pake OS yang sudah terbiasa mereka liat.. jadi kalo mo pake linux ya.. harus mirip ama windows ntah itu XP atau Vista.Nah disini akan dijelaskan bagaimana mengubah tampilan sebuah desktop linux menyerupai xp ato vista seperti gambar tersebut di atas (hi hi kayak guru ya.. :)adapun desktop linux yang lebih mudah untuk menyerupai tampilan windows adalah kde (walaupun jwm juga bisa liat di puppy linux). Tidak peduli apapun distro linux yang digunakan yang terpenting adalah menggunakan desktop manager KDE :

PBerikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan setup themes XP :
1. Download kdexp.zip
2. Copy ke folder /opt
3. Esktrak file sehingga menghasilkan folder /opt/kdexp
4. Install Iconscd /opt/kdexp/iconssh icons-install-kde.sh
5. Install Stylecd /opt/kdexp/kde_xpStylesh style-install.sh
6. Buka menu Kmenu Personal Setting Appearance & Themes Theme Manager
7. Klik Install New Theme
8. Point ke /opt/kdexp
9. Klik file kde_xp.kth
10. Klik Open
11. Dari daftar themes, Pilih KDE_XP
12. Klik Apply
13. Klik pada tombol Color
14. Pilih color scheme Redmond XP. Klik OK
15. Klik tombol Style
16. Pilih Style KDE_XP
17. Klik tombol Icons
18. Pilih icons KDE-XP

trims

susahhh yaaa

KDE-XP
Susah ya.. nyari Linux yang benar-benar dimaui.. memang sih selama ini orang masih banyak meragukannya yang sulit lah yang ribet lah dan yang lainnya.. tapi dari beberapa pengalamanku selama ini terutama kalo di warnet, banyak orang yang menginginkan nge-net pake OS yang sudah terbiasa mereka liat.. jadi kalo mo pake linux ya.. harus mirip ama windows ntah itu XP atau Vista.
Nah disini akan dijelaskan bagaimana mengubah tampilan sebuah desktop linux menyerupai xp ato vista seperti gambar tersebut di atas (hi hi kayak guru ya..🙂
adapun desktop linux yang lebih mudah untuk menyerupai tampilan windows adalah kde (walaupun jwm juga bisa liat di puppy linux). Tidak peduli apapun distro linux yang digunakan yang terpenting adalah menggunakan desktop manager KDE😛

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan setup themes XP :
1. Download kdexp.zip ato mirror 1 ato mirror 2
2. Copy ke folder /opt
3. Esktrak file sehingga menghasilkan folder /opt/kdexp
4. Install Icons

cd /opt/kdexp/icons
sh icons-install-kde.sh

5. Install Style

cd /opt/kdexp/kde_xpStyle

sh style-install.sh

6. Buka menu Kmenu |Personal Setting | Appearance & Themes | Theme Manager

7. Klik Install New Theme
8. Point ke /opt/kdexp
9. Klik file kde_xp.kth
10. Klik Open
11. Dari daftar themes, Pilih KDE_XP
12. Klik Apply
13. Klik pada tombol Color
14. Pilih color scheme Redmond XP. Klik OK
15. Klik tombol Style
16. Pilih Style KDE_XP
17. Klik tombol Icons
18. Pilih icons KDE-XP

ini lageee


puppy Vista
puppy XP

Aku mempunyai kompi tua dengan otak pentium 2 333MHz slot, memori 128Mb dengan 2 keping 64Mb, vga AGP 2 MB Monitor trigem 14″, coba OS apa yang sekarang ini mampu untuk mengikuti tren? mo win9x wah dah ketinggalan jaman.. mo pake 2000 terlalu berat beban bagi prosesor tua sekelas pentium II apalagi mo pake XP, ato server apalagi mo pake Vista wuiiiih susahnya minta ampiunnnnnnnnnnnnnnnnn.
akhirnya, Kemarin nyoba2 ngoprek2 kompiku dengan linux DSL (Damn Small Linux) wuiiiih cuepeeeet banget..)🙂 tapi masih ada yang kurang untuk video tidak bisa semua terwakili sehingga untuk memutar video harus pake Geexbox dulu.
Trus ada teman yang bilang kalo ada OS XP yang sudah di oprek habis-habisan dan cocok untuk kompi tua, namanya TinyXP setelah aku coba cari2 akhirnya ketemu juga dech..🙂 bahagia waktu itu bayangan untuk berkreasi terbuka luas.. hihihi.. tapi dasar manusia ketika dicoba eh.. malah masih ada yang kurang iya.. ternyata untuk tampilan TinyXP yang kurang memuaskan dari segi kinerja buaaagus tapi untuk tampilan tunggu dulu ya..🙂 akhirnya ada juga yang bisikin ke aku ada OS XP lain yang udah dimodifikasi namanya SiCoMiNiXP. wah udah langsung tancap gas untuk nyari2.. eh.. ternyata dapat juga wuiiihh hebat euy.. tampilan dan kinerja buaaaagus baaanget.. tapi dak samapi satu minggu keliatan dech ada yang kurang.. ternyata untuk Recycle Bin ada masalah.. yo akhirnya aku memilih untuk mengoprek XP, sehingga lahirlah XingXP dengan tampilan Vista dan perubahan Recycle Bin yang mumpuni dan tambahan Office secara Otomatis ditambah XingPE (program reparasi).. namun.. tidak berapa lama aku juga khawatir dengan kekejama si Mickey ini (baca:Mixxxxxft) dengan program HAKInya yang menyusahkan orang yang tidak mempunyai dana cukup besar.. huihuih..
Tapi hidup harus jalan terus, kita tidak boleh terbuntukan oleh sesuatu yang dibuat manusia (Vista penjualannya jelek lho🙂. inilah yang memberikan ide bagiku untuk berandai-andai apakah bisa aku membuat OS yang sesuai dengan selera semua orang..
Mungkin kriterianya adalah….
1. Tampilah lebih familiar (XP theme)
2. Software pendukung banyak dan Gratis
3. Stabil

Pertanyaannya adalah apakah puppy linux dengan XP Theme akan mampu memenuhinya?
mari kita buat OS Small(kecil), Light(ramping), Familiar(mudah) dan Freeware(gratissss)? mo bantu? download disini

memang sulit kalo mao bisa lho


Mungkin baru saat inilah aku sempatkan untuk menulis hal-hal yang berguna bukannya yang dahulu tidak berguna cuman, ternyata ada yang meminta tutorial untuk remaster. Dalam blog sebelumnya memang aku tidak menjelaskan secara rinci cara-cara bukannya apa-apa, itu semua dikarenakan keterbatasan waktu yang aku miliki.
Sekarang akan dibahas mengenai cara remastering linux dalam hal ini PuppyLinux, yang dimungkinkan di distro lain tidak sama caranya. Cuma setelah menuliskan blog sebelumnya (Dewalinux: Aku terkesima!) saya merasa perlu untuk meyakinkan diri saya kembali bahwasanya linux itu mudah dan mungkin kita bisa membuatnya tanpa harus susah payah membuat sesuka hati kita.

Dengan berbekal komputer tua (AMD K6-2 RAM 128 VGA 1Mb Harddisk 2,1 Gb) yang masih setia menemani di waktu senggangku, aku ingin meberikan saran untuk membuat remaster linux puppy. Selain itu, memamng ada beberapa sahabat yang menanyakan cara melakukan remaster tesebut. Sekalian melakukan remaster, tampilan window managernya akan aku buat seperti XP, dengan alasan yang mungkin sudah berkali-kali aku sampaikan di blogku sebelumnya.


“Banyak jalan menuju roma, tapi hanya satu jalan yang paling mudah.”

untuk meremaster puppy linux ada beberapa hal yang menjadi perhatian,pertama masalah spesifikasi kompie kita. aku menggunakan kompie socket 7 dengan prosesor AMD K6-2 333MHz dengan ram 128 harddisk 2.1 Gb.

Untuk meremaster kita bisa menginstall ke harddisk dahulu ato lewat live CD. Jikalau memori RAM kita lebih dari 512 Mb maka lebih baik menggunakan liveCD, jika tidak ya install keharddisk dahulu baru kemudian kita remaster.

Sebelumnya menggunakan window manager KDE, kita dapat mengubah tampilannya menjadi semirip dengan XP. Nah sekarang ini dengan menggunakan Linux Puppy yang menggunakan window manager IceWM akan aku uraikan cara membuat tampilan mirip seperti XP (lihat Gambar. Ini terinspirasi oleh DewaLinux yang menggunakan window manager IceWM (namun terlalu banyak memakan kapasitas harddisk untuk instalasi).

Jadi kita perlu me-Customize memilih mengubah dan sebagainya. beberapa hal yang mungkin dilakukan adalah:
1. menampilkan puppy linux seperti Wxxxxxs98 atau seperti XP bisa download di http://dotpups.de/dotpups/WindowManagers/Meta-Theme-XP-Style/

2. silahkan melihat dotpup (file instalasi versi puppy) di http://dotpups.de/dotpups/
3. siap-siap🙂

Untuk menggunakan liveCD:

Hal yang perlu disiapkan adalah: Komputer minimal spesifikasi seperti di atas (kalo kurang tanggung sendiri🙂 ), CD Puppy Kinux versi terbaru (kalo bisa), download dotpup IceWM di sini, secangkir kopi kental pahit manis untuk menemani proses remaster yang kalo di komputerku memakan waktu sekitar 1-1,5 jam.
1. jalankan Puppy Linux (boot dari CD, pastikan BIOS boot dari CDROM),
2. buka lokasi dotpup IceWM menggunakan ROX Filer lalu instal dengan cara mengklik,
3. tunggu sejenak sampai tampil kotak dialog yang menyatakan instalasi sukses
4. restart x-term menggunakan logout/shutdown ke prompt #
5. ketik xwin icewm
6. maka window manager akan tampil seperti gambar, ganti wallpapernya seperti gambar dengan memilih menu Desktop => puppy background cari filenya tapi jangan lupa menempatkan file background yang disuka di folder /root/Choices
7. ini belkum selesai
8. selanjutnya, menggunakan file manager (Xfe disarankan) cari di /usr/bin/icewm* artinya semua yang berawalan ice di-copy-kan ke /root/my-application/bin
9. selain itu copy-kan themes di /usr/share/icewm/themes ke /root/.icewm/themes
10. Selesai tapi belum remaster🙂

Tips untuk remaster puppy linuix dengan mudah adalah selalu menempatkan aplikasi di foldeer /root, hal ini berguna karena nantinya kita akan mengakali di remaster script untuk mendapatkan hasil remaster sesuai keinginan kita.
langkah-langkah untuk meremaster:
1. pastikan untuk menyiapkan sebuah partisi dengan file sistem fat32 atau ext2 kurang lebih 500 Mb (padahal tergantung kebutuhan biasanya 100an Mb).
2. jalankan script puppy linux remaster di Setup => Puppy remaster liveCD.
3. ikuti petunjuknya mulai letak harddisk yang akan digunakan untuk meremaster sampai memasukkan CD puppy linux-nya (ini tidak perlu karena CD puppy masih di dalam)
4. setelah itu proses untuk pembuatan pup_xxx.sfs masih berlangsung biasanya tergantung komputernya.
5. setelah pembuatan pup_xxx.sfs selsai maka kita akan diminta untuk mengecek /root yang diletakkan di folder /tmp/root,
6. dengan menggunakan Xfe (disarankan) folder /root di /tmp dihapus/delete lalu kemudian folder di /root di-copy-kan ke /tmp
7. pilih OK untuk meneruskan proses memasukkan /root ke sfs.
8. pilih No untuk tidak mengkonfigurasi /etc, begitu juga untuk isolinux.cfg biarkan sepertiadanya.
9. selanjutnya akan diminta memasukkan CD kosong atau DVD kosong untuk melanjutkan proses burning.
10. selesai dech..

semoga penyampaian ini ada guna dan memberikan inspirasi maupun kritikan yang pedas sepedas lalapan ayam di warung sebelas kosan🙂

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Kontak person

    basmanpro
  • Pengunjung blog ini

    • 81,235 Kepala
  • Cari apa ?

  • RSS Kurs Lengkap klikbca

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Kurs Lengkap klikbca

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Unknown Feed

    • ERROR: Database error: Can't connect to database at /var/www/html/feed.pl line 181.
  • RSS Unknown Feed

    • ERROR: Database error: Can't connect to database at /var/www/html/feed.pl line 181.
  • gold price

  • [Most Recent Quotes from www.kitco.com]
  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: